Cara Memperbanyak Asi Alami Menggunakan Bahan-Bahan Herbal

Nov 01, 2017

Masalah yang sering dialami oleh para ibu-ibu ataupun calon ibu adalah produksi asi yang kian menurun padahal usia bayi masih beberapa bulan, untuk mengatasi hal tersebut ada cara memperbanyak asi alami maupun menggunakan obat-obatan dan suplemen yang dapat anda peroleh di apotek-apotek terdekat. cara memperbanyak asi dengan menggunakan cara-cara ataupun bahan-bahan alami dan herbal tentunya jauh lebih aman daripada anda menggunakan obat-obatan kimia, bukan hanya aman untuk ibu saja, melainkan juga aman untuk si buah hati. Mungkin proses memperbanyak asi menggunakan obat-obatan kimia hasilnya jauh lebih cepat. Tetapi anda perlu memikirkan dampak jangka panjang dari bahan-bahan kimia tersebut. berbeda dengan bahan herbal, waktu yang dibutuhkan bahan herbal untuk bekerja memang sedikit lebih lama tetapi tanpa efek samping dan tidak membahayakan kesehatan ibu dan bayi di jangka panjang.

Berikut di bawah ini adalah tiga cara memperbanyak asi alami menggunakan bahan-bahan herbal yang dapat anda buat sendiri di rumah:

1.    Air perasan daun katuk

Daun katuk memang dipercaya sejak dulu sebagai salah satu bahan atau tanaman yang dapat meningkatkan produksi asi, jika anda tidak suka memakan langsung daun katuk ini anda dapat mensiasatinya dengan meminum air perasan daun katuk secara rutin setiap hari.

2.    Kacang-kacangan

Selain daun katuk, bahan-bahan alami yang dapat anda gunakan untuk memperbanyak asi adalah kacang-kacangan. Mengkonsumsi kacang-kacangan seperti almond ternyata dapat membantu meningkatkan jumlah asi anda kualitas dan gizi yang terkandung dalam kacang almond inipun sangat bagus.

3.    Air putih

Cara selanjutnya yang paling mudah dalam meningkatkan produksi asi secara alami adalah dengan air putih, ketika asupan air dalam tubuh anda tercukupi maka produksi asi dalam tubuh anda pun akan bertambah.

Cara memperbanyak asi alami seperti itu jauh lebih aman, yang anda perlukan hanyalah ketekunan dan kesabaran. Sebab segala hal yang alami akan membutuhkan waktu yang lumayan lama alias tidak instan seperti anda menggunakan bahan-bahan atau obat-obatan kimia.