Wiring Diagram Motor Starter Dan Komponennya

Dec 28, 2017

Ada banyak komponen dalam sistem starter jika anda melihat wiring diagram motor starter. Seperti saklar starter yang memiliki fungsi untuk mengalirkan arus ke relay starter, relay starter yang memiliki fungsi untuk mengalirkan arus besar ke motor starter, motor starter untuk mengubah tenaga listrik sehingga menjadi momen putar dan juga baterai sebagai sumber arus listrik. Sistem starter sendiri ada beberapa jenis, seperti berikut ini:

1.       Starter mekanik

Digerakkan manual oleh manusia seperti kick starter dan slenger.

2.       Starter elektrik

Digerakkan oleh arus listrik. Biasanya sering digunakan di mobil dan juga motor.

3.       Starter pneumatik
Sumber tenaganya tidak berasal dari listrik, namun dari udara bertekanan. Biasanya digunakan pada kapal laut.

                Prinsip sistem starter tidak jauh berbeda, intinya adalah mengubah listrik menjadi energi mekanik sehingga mesin dapat menyala. Ketika arus listrik melewati konduktor yang ada di kutub magent, maka konduktor menerima gaya dorong. Hubungan antar arus mengikuti teori pada kaidah Fleming. Ketika arah arus yang masuk berkebalikan dengan arah yang keluar, maka gaya dorong yang dihasilkan akan berlawanan. Hal tersebut akan membuat konduktor berputar ketika arus mengalir. Agar konduktor terus berputar, biasanya digunakan komutator dan sikat.


                Selain komponen utama yang telah dijelaskan diatas, bila melihat wiring diagram akan terlihat komponen motor starter lainnya seperti amature coil, komutatorm field coil serta sikat. Amature coild dan field coil akan dihubungkan dengan bateri dengan bentuk seri melalui sikat dan juga komutator. Arah aliran dimulai dari baterai ke relay starter ke field coil ke sikat positif ke komutator ke amature ke sikat negatif lalu terakhir ke massa. Ketika arus listrik mengalir maka pole core dan field coil akan terlingkupi oleh medan magnet. Amature coil juga akan dialiri oleh arus listrik sehingga timbul garis gaya magnet. Amature coil yang di sebelah kiri akan terdorong keatas, sedangkan yang di sebelah kanan akan terdorong ke bawah. Apabila kumparan dalam amture coil ada banyak, nanti putaran yang dihasilkan akan teratur.